Karlina Supelli: Narasi Maut dalam Kosmologi 

Karlina Supelli. (Foto : Witjak Widhi Cahya).
Iklan terakota

Terakota.idSelama Pandemi Covid-19, setiap hari mendengar kabar duka. Mulai teman, tetangga dan orang lain. Kehidupan dan kematian sebenarnya adalah salah satu keprihatinan tertua dan paling meresap dalam filsafat. Hampir setiap tradisi filosofis mengeksplorasi bagaimana manusia harus berhubungan dengan kehidupan dan kematian.

“Setiap tradisi filosofis mengeksplorasi bagaimana manusia harus berhubungan dengan kehidupan dan kematian,” kata Karlina Supelli dalam siaran pers yang diterima Terakota.id dalam Kelas Filsafat yang diselenggarakan Komunitas Salihara Arts Center, Sabtu 14 Agustus 2021.

Pemikiran mengenai kematian dan kehidupan, katanya, merupakan salah satu pembahasan dalam bidang filsafat. Karlina menjelaskan evolusi pemikiran manusia dari masa ke masa memaknai eksistensi manusia dalam alam semesta. “Platon bahkan melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa tujuan filsafat adalah untuk mempersiapkan kita menghadapi kematian,” kata Karlina.

Namun, selama setengah abad terakhir, katanya, filsafat tentang hidup dan maut telah mengalami kebangkitan. Di antara pertanyaan utama tentang hidup dan maut yang dieksplorasi oleh para filsuf adalah, apakah kematian mewakili akhir dari kita? Atau bisakah kita selamat dari kematian? Bahkan mungkin menjadi abadi?

“Haruskah kita menginginkan keabadian seperti itu? Bagaimana seharusnya perasaan kita tentang fakta bahwa kita fana? Apakah kematian itu sendiri pantas ditakuti atau respons emosional lainnya seperti kemarahan atau rasa terima kasih?,” kata Karlina.

Karlina menambahkan apakah fakta bahwa kita mati mengancam prospek bahwa hidup kita bisa bermakna? Serta, apakah kematian itu buruk bagi kita, dan jika demikian. Bagaimana cara mengantisipasinya? Kehidupan dan kematian juga merupakan bidang penelitian yang sangat dinamis karena melintasi berbagai subdisiplin dalam filsafat, termasuk etika, metafisika, filsafat politik, filsafat kedokteran, filsafat agama, bahkan filsafat teknologi.

“Keempat sesi melalui Kelas Filsafat memberi gambaran tentang evolusi pemikiran manusia dan perdebatannya untuk memaknai eksistensinya dalam alam semesta sejak zaman Mesopotamia (3000-an SM) sampai kosmologi abad ke-21. Melalui Kelas Filsafat ini, para peserta akan belajar tentang kehidupan dan kematian dalam terang kosmologi sepanjang sejarah,” ujar Karlina Supelli.

Pemahaman hidup dan maut dalam kosmo-mitologi sampai kosmo-teologi mengawali paparan Karlina Supelli. Dengan gaya khasnya, paparan Karlina mengalir ringan meskipun materi yang disampaikan mengupas cakupan sejarah pemikiran kosmologi tentang kehidupan dan kematian dari masa ke masa yang dibangun manusia.

Dalam kosmogoni mitis bahari, kata Karlina, didapati kisah-kisah tentang dunia dan kehidupan yang bermula dari suatu kematian. Namun, kematian pada mulanya bukan bagian dari realitas. Maut hadir akibat pelanggaran atau kezaliman. Dalam kosmo-teologi agama-agama Abrahamik, seluruh ciptaan terkena konsekuensi pelanggaran itu.

Selanjutnya dalam perspektif Revolusi Sains abad ke-17, alam semesta mengemuka sebagai mesin raksasa yang bekerja ajek menurut hukum-hukum matematis. Namun, ada paradoks di dalamnya. “Jika gaya utama penata alam bersifat tarik-menarik, mengapa alam semesta tidak ambruk sejak dahulu kala?,” ujarnya.

Karlina membahas mesin kosmik yang begitu teratur ternyata ditandai dengan derajat kekacauan yang terus bertambah. Perlahan tapi pasti, alam semesta bergerak menuju kematian yang senyap. Namun, dari mana segala sesuatu itu muncul pada mulanya? Bagaimana memahami kehidupan yang begitu beragam tapi rentan dalam peta evolusi kosmik?

Terakhir, Karlina memaparkan kosmologi kontemporer. Di mana kematian alam semesta merupakan keniscayaan. Pertanyaannya, peristiwa apa yang mendatangkan maut menyeluruh itu dan kapan akan terjadi? Bila alam semesta ini tidak lagi ada, adakah dunia-dunia lain yang mungkin?

Kebanyakan orang dalam masyarakat modern secara efektif menjaga kematian pada jarak yang jauh. Kematian adalah peristiwa yang jarang terjadi yang terjadi di balik pintu tertutup, peristiwa yang insidental dan jarang terjadi. “Pandemi menjungkirbalikkan kenyataan ini, dan dengan demikian, mengintensifkan apa yang oleh para psikolog disebut ‘arti-penting kematian’, yaitu kesadaran kita akan kerentanan kita sendiri terhadap kematian,” pungkas Karlina.

Komunitas Salihara Arts Center menggelar Kelas Filsafat berjudul Narasi Maut dalam Kosmologi yang diampu Direktur Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, Karlina Supelli. Kelas berlangsung secara daring setiap Sabtu mulai 14 Agustus sampai 28 Agustus 2021. Tujuannya untuk memperluas perspektif, wawasan dan mendorong masyarakat berpikir kritis terhadap berbagai fenomena sosial yang terjadi.

Kordinator Program Gagasan Komunitas Salihara Arts Center, Rebecca Kezia menjelaksan bagi banyak orang pengalaman kematian di sekitar kita ini menjadi pengalaman traumatis. “Di sinilah filsafat hadir membantu kita memahami dunia secara rasional dan pengalaman kita di dalamnya,” kata Kezia.

Telaah kosmologis membantu untuk mengklarifikasi apa yang secara etis dipertaruhkan dalam kesedihan dan duka dengan menempatkannya dalam kerangka evaluatif yang lebih besar. Kosmologi memungkinkan manusia melihat apa yang baik tentang kesedihan dan duka dan karenanya menunjukkan dengan tepat apa yang telah direnggut pandemi.

“Secara lebih konstruktif, filsafat dapat membantu kita memilah-milah imperatif sosial yang ditinggalkan setelah pandemi. Termasuk mengembangkan praktik untuk memahami kesedihan, memaknai kehilangan dan memastikan bagaimana masyarakat harus memperingati pandemi dan mengenang para korbannya,” kata Rebecca Kezia.