Kampung Cempluk yang Ramah Difabel

Festival Kampung Cempluk VIII

Terakota.id— Kampung Cempluk Festival memasuki tahun ke delapan. Festival diselenggarakan di Desa Kalisongo, Dau, Kabupaten Malang 23 – 27 September 2018. Kampung Cempluk bakal menjadi hari raya kebudayaan, untuk siapapun tak terkecuali difabel. “Festival benar-benar menjadi ruang untuk siapapun. Tanpa ada batasan, tanpa ada perbedaan,” kata salah seorang penggagas Kampung Cempluk, Redy Eko Prastyo kepada Terakota.id.

Kampung Cempluk Festival menjadi ruang inklusif, beragam fasilitas disediakan untuk memberikan ruang bagi penyandang disabilitas menikmati pertunjukan. Seorang interpreter bahasa isyarat akan mendampingi setiap ragam acara.

“Membongkar ruang eksklusif, mewujudkan ruang inklusif. Siapapun bisa hadir dalam festival ini, semua setara.” Sedangkan informasi dan menu di setiap gerai dilengkapi dengan huruf braile. Kampung Cempluk, katanya, berusaha menyediakan whell chair atau kursi roda untuk tuna daksa beserta pendampingnya. Agar mereka bisa bersama-sama menikmati festival.

Selain itu juga disediakan kemudahan akses parkir bagi tuna daksa. Sehingga kaum difabel lebih mudah mengakses festival kampung cempluk. “Ada rasa yang harus dibagi, ada ide yang terus berkembang. Membuat kampung menjadi ruang yang hidup dan punya spirit kebersamaan,”

Masyarakat di Dusun Sumberjo merasakan perjalanan sebuah kampung yang layak sebagai kampung bermartabat,sehat dan bahagia dengan spirit budaya. Setiap tahun, animo masyarakat besar. Ditunjukkan dengan partisipan dari Kota Malang, luar kota bahkan mancanegara. Diantaranya Sukabumi, Makasar, Sumenep,Yogyakarta, Korea Selatan dan Barcelona.

“Para seniman dari Malang Raya baik dari perguruan tinggi dan komunitas seni ikut menyemarakkan Kampung Cempluk Festival,” katanya.

Sedangkan warga setempat, setiap RT akan menampilkan beragam kesenian. Kampung Cempluk menjadi ajang ekspresi dan apresiasi warga. Sejumlah mahasiswa yang tinggal di sekitar kampus juga turut menjadi relawan. Festival menjadi media interaksi kultural antara mahasiswa dan warga setempat.

Ayo datang dan bersama saudara, kerabat, sahabat, sohib, teman, sedulur, sanak kadang, kolega. Hadir di Kampung Cempluk Festival di Jalan Dieng Atas, Sumberjo, Desa Kalisongo, Dau Kabupaten Malang.

 

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini