Jejak Peristiwa dalam Bidikan Jurnalis Foto dari Barat Kalimantan

Terakota.id – Sebanyak 60 karya terbaik jurnalis foto, yang merupakan representasi dari peristiwa yang pernah terjadi di berbagai belahan Kalimantan Barat dipamerkan mulai tanggal 15 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017. Pameran foto yang diselenggarakan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pontianak ini digelar di Aston Hotel & Convention Center, dengan tajuk “Dari Barat Kalimantan”.

Melalui siaran persnya, Koordinator Pameran, Arief Nugroho mengatakan, acara ini merupakan rangkaian puncak penutup roadshow dari beberapa pameran dengan konsep jalanan yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Roadshow tersebut sudah dimulai sejak tanggal 23 Oktober 2016 lalu yang digelar di arena Car Free Day, Jalan Ahmad Yani Pontianak. Kemudian dilanjutkan dengan pameran di Taman Digulis pada akhir Oktober dan terakhir di Taman Budaya pada 11-12 November 2016.

“Persiapan untuk puncak pameran ini cukup panjang, hingga akhirnya panitia memutuskan rangkaian terakhir untuk tahun ini digelar mulai tanggal 15 Desember 2016,” ujar Arief yang bekerja untuk harian Pontianak Post, Rabu (14/12/2016).

Arief menambahkan, proses pemilihan foto tersebut, memakan waktu yang cukup panjang. Karena setiap anggota PFI Pontianak yang berjumlah 11 pewarta foto ini ingin menampilkan karya terbaik mereka untuk khalayak.

Dalam pameran ini, dibagi menjadi 6 kategori foto, yaitu Daily Life, Nature & Environment, Art-Culture-Entertainment, General News, Sport, dan Spot News, yang merupakan representasi dari peristiwa yang pernah terjadi diberbagai belahan Kalimantan Barat.

“Karya yang ditampilkan ini, 90 persen berbeda dengan foto yang dipamerkan dalam roadshow sebelumnya,” jelas Arief.

Ketua PFI Pontianak, Leo Prima menambahkan, momentum yang digelar ini sekaligus sebagai rangkaian ulang tahun ke-2 berdirinya PFI Pontianak pada 21 Desember 2014 yang lalu. Momentum rangkaian pembuka roadshow sebelumnya juga bertepatan dengan HUT ke-245 kota Pontianak pada 23 Oktober 2016.

“Dalam pameran ini, kita ingin menampilkan rekaman sisi lain peristiwa yang pernah terjadi di Kalbar dalam kurun waktu antara tahun 2009 hingga 2016,” papar Leo.

Pameran foto ini rencananya akan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Pontianak, Bapak Sutarmidji SH,M.Hum, Kamis (15/12/2016) dalam seremonial yang dimulai pukul 19.00 WIB.

“Dengan segala kerendahan hati, kami juga mengundang masyarakat Kalbar, khususnya Pontianak untuk menyaksikan rangkaian pameran foto jurnalis terbesar di Kalbar ini mulai tanggal 15 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017 di Aston Hotel, secara terbuka dan gratis,” kata Leo yang bekerja di Tribun Pontianak. (HI)

Tinggalkan Pesan