Intip Cinderamata Khas Topeng Malang di Malangan.com

Aneka cinderamata karakter Panjiproduksi Malangan.com. (Terakota/Latifany Khorunisa).

Reporter : Latifany Khorunisa

Terakota.id—Wayang topeng dan tari topeng menjadi salah satu tetenger Malang. Kesenian khas ini dikenal dengan topeng karakter budaya Panji. Berbeda dengan kesenian tradisi lain yang menggunakan kisah epos Ramayana dan Mahabarata. Nah, di Malang karakter panji tak hanya topeng yang digunakan untuk menari dan wayang topeng Malang.

Budaya Panji telah berkembang salah satunya menjadi cinderamata khas Malang. Seperti yang diproduksi Malangan.com. Industri rumahan ini memproduksi aneka miniatur topeng dan aksesoris berkarakter Panji. Juga tersedia vandal, wadah pena dan pigura dengan hiasan miniatur topeng karakter Panji.

Untuk memesan produk yang diinginkan, pembeli bisa melihat koleksi produk di Malangan.com. Setelah memilih produk, bisa berkirim pesan pendek dan membayar dengan cara transfer ke rekening dan melampirkan bukti pembayaran. Atau bisa langsung ke alamat Jalan Taman Borobudur Agung II Nomor 44 Kota Malang.

“Siap diantarkan ke tempat pemesan, khusus wilayah Kota Malang. Pembayaran bisa secara daring,” kata pemilik Malangan.com, Ardian Suwan Simatupang, 28 tahun.

Usaha rumahan ini dirintis sejak lima tahun lalu bekerjasama dengan perajin topeng. Ide produk cinderamata khas Malangan ini lantaran banyak perajin yang kesulitan memasarkan produknya. Sehingga ia membantu pemasaran dan distribusi hasil kerja para perajin. “Jadi perajin fokus memproduksi, saya bagian penjualan,” katanya.

Tak semua barang yang dijajakan selalu tersedia. Ardian membangun laman Malangan.com untuk memudahkan pembeli luar kota untuk melihat produk. Tanpa harus datang langsung ke Malang. “Sistem penjualan pre order,” katanya.

Produksi yang ditawarkan antara lain pigura spanram Topeng Malangan harga mulai Rp 60 ribu sampai Rp 200.000. Sedangkan vandel duduk Topeng Malangan berlabel dibanderol harga Rp 145 ribu. Sedangkan piala Topeng Malangan dijual sekitar Rp 200 ribu. Tempal pulpen Rp 45 ribu.

Aneka cinderamata ini cocok menjadi penghias ruang kerja, ruang tamu, atau ruang keluarga. Cinderamata ini tepat digunakan untuk oleh-oleh saat berkunjung ke Malang. Cocok diberikan kepada keluarga atau orang terkasih Anda.

Variasi topeng, Malangan.com menyediakan empat karakter tokoh Panji. Meliputi Panji Asmoro Bangun, Dewi Sekar Taji, Gunung Sari dan Ragil Kuning. Juga tersedia gantungan kunci Topeng Malangan seharga Rp 11 ribu.

 

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini