Ikuti Anugerah Jurnalisme Warga, Urun Daya Menghadapi Corona

ikuti-anugerah-jurnalisme-warga-urun-daya-menghadapi-corona
Pengukuran suhu tubuh. (Foto : Balebengong).

Terakota.id–Pandemi Covid-19 mempengaruhi semua aspek kehidupan, masyarakat turut beradaptasi menghadapinya. Rekam video, potret dan tulis fenomena yang ada di sekitar kita. Sampaikan ide dan gagasan beradabtasi menghadapi Covid-19 kepada khalayak. Salah satunya melalui Anugerah Jurnalisme Warga (AJW 2020) Urun Daya Warga Menghadapi Corona sebuah apresiasi media jurnalisme warga BaleBengong.

Tersedia hadiah sedikitnya Rp 9 juta bagi karya terbaik di tiga kategori yakni artikel, video, dan ilustrasi. Tujuannya, menggugah munculnya urun daya, solusi, masukan yang tersiar ke khalayak. Tak hanya berakhir di postingan media sosial, yang mudah hilang dan terlupakan. Seluruh karya harus dipublikasikan di media warga dan didaftarkan sampai 30 Mei 2020 ini ke email: kabar@balebengong.id.

“Di tengah pandemi, solidaritas warga sudah tampak dan perlu diapresiasi. Warga sudah menunjukkan urun daya, pemerintah juga harus bekerja serius,” ujar Koordinator AJW 2020 Iin Valentine. Iin juga membantu distribusi hasil panen melalui BaleLaku, gerakan rantai pasok langsung dari petani.

Karya para peserta akan dinilai oleh tiga juri berkompeten di bidang masing-masing yaitu dokter, ahli komunikasi, dan desainer. Salah satunya dokter Oka Negara yang juga intens mempublikasikan urun pikirnya melalui sejumlah artikel yang bermanfaat dalam menghadapi pandemi. Misalnya ia membari panduan cara menghadapi orang yang mendadak pingsan atau kejang-kejang di jalan.

Selama pandemi ini, ada sejumlah peristiwa orang pingsan di tempat umum dan lambat ditangani karena orang sekitarnya takut.  “Kita bisa tetap menolong sambil menghindari risiko penularan. Bisa menolong seseorang yang mengalami musibah di jalan. Tanpa ikut menyebar stigma,” ujarnya.

ikuti-anugerah-jurnalisme-warga-urun-daya-menghadapi-corona
Banjar Corona Sesetan. (Foto : Balebengong),

Anugerah Jurnalisme Warga (AJW) merupakan kegiatan tahunan BaleBengong sejak 2016 untuk memberikan penghargaan terhadap karya pewarta warga dalam bentuk kompetisi ataupun beasiswa liputan. Selain untuk karya-karya dalam bentuk teks, foto, atau video, juga ada penghargaan untuk program literasi yang dilaksanakan komunitas di Indonesia dari Aceh hingga Papua. Semua dengan tujuan mendorong terwujudnya media yang lebih berkualitas, terutama dari perspektif warga.

Selama lima kali pelaksanaan hingga saat ini, AJW telah menjadi ajang penghargaan bagi pewarta warga, media jurnalisme warga, serta beragam inisatif dalam literasi digital. Melalui ajang tersebut, para pegiat jurnalisme warga dan literasi digital juga punya kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pandangan tentang peran warga dalam tata kelola informasi melalui Internet. Upaya semacam ini perlu terus didorong dan dilaksanakan agar Internet tidak hanya menjadi ruang kontestasi politik, tetapi juga media kolaborasi untuk berbagai inisatif.

BaleBengong merupakan media jurnalisme warga tentang Bali yang berdiri sejak 26 Juni 2007. Selama hampir 13 tahun perjalanan, BaleBengong telah menjadi media bagi warga untuk bersuara melalui situsweb maupun media sosial di Twitter, Instagram, ataupun Facebook. Membagi dan meneruskan setiap informasi yang dianggap layak untuk diketahui warga. Juga menjadi wadah warga untuk berdiskusi dan berbagi informasi.

 

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini