Harum Kopi dari Pemakaman Belanda di Malang

Terakota.id – Seteguk Sejarah Kolonial dari Kebun Kopi di Pekuburan Belanda. Pemakaman Belanda dan perkebunan kopi. Perpaduan keduanya bakal mengembalikan ingatan sejarah. Cerita tentang kolonialisme di Hindia Belanda lebih dari satu abad silam. Kisah penjajahan di Indonesia.

Cerita di balik masuknya Belanda di Indonesia TPU Nasrani Sukun Kota Malang atau biasa disebut Kuburan Londo semula dibangun sebagai kompleks permakaman orang eropa di Malang. Kini, di dalam makam itu ditanam ribuan kopi. Usaha menjadikan kuburan ini menjadi kebun kopi dilakukan secara bertahap dengan penanaman bibit kopi yang dimulai pada 2017. Sekarang total sudah ada 5.400 pohon kopi robusta khas Malang.

Kebun kopi di Kuburan Londo ini diperkirakan mampu menghasilkan lebih dari 1 ton kopi. Ini sekaligus upaya pengelola makam berstatus cagar budaya Kota Malang ini mengikis kesan seram. Serta bakal menjadikan makam sebagai wisata edukasi sejarah. Kopi dari perkebunan ini diberi merek Kopi Tulang. Ada sensasi tersendiri menyeduh kopi hasil panen.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini