Gunawan Maryanto : Beban Mental Memerankan Wiji Thukul

Gunawan Maryanto, pemeran Wiji Thukul dalam film Istirahatlah Kata - kata saat di Malang, Jumat 2 Februari 2017 (Zainul Arifin/Terakota.id)

Terakota.id—Gunawan Maryanto pemeran utama film ‘Istirahatlah kata-kata’ berbaur dengan para penonton di sela-sela acara nonton bareng di bioskop Mandala, Malang Plasa, Kamis malam 2 Februari 2017. Mengenakan kaca mata, berkaus merah berlapis jaket hitam sendirian Gunawan yang akrab disapa Cindil ini berada di antara para penonton.

 

Sebagian penonton tak mengetahui, jika lelaki berambut ikal ini yang memerankan Wiji Thukul. Sedangkan penonton yang menyadari kehadiran Cindil mendekat, berbincang dan meminta foto bersama. Cindil hadir hanya untuk menyapa para penonton, tak ada kegiatan usai menonton film.

Gunawan sendiri mengaku mengalami kesulitan untuk memerankan Wiji Thukul, lantaran tak banyak dokumentasi video dan foto untuk menyelami karakter sang penyair kerakyatan ini saat dalam pelarian. Sementara video dan foto terbatas aktivitas di panggung saat membaca puisi. “Sosok Wiji Thukul di film ini kan di luar panggung. Pelarian selama di Pontianak. Tak ada peran saat membaca puisi,” katanya.

Namun dia terbantu oleh cerita keluarga dan teman Wiji Thukul tentang bagaimana kesehariannya. Cara berjalan, duduk dan ekspresinya. Bahkan teman Wiji Thukul di Pontianak memberi dukungan, dan datang ke lokasi pengambilan gambar. Cindil memiliki waktu selama enam bulan untuk  menggali karakter Wiji Thukul sebelum pengambulan gambar. “Mulai bersiap-siap, menguruskan badan menggondrongkan rambut,” ujarnya.

Kepastian kapan waktu pengambilan gambar, katanya, saat itu belum jelas. Namun dia memulai melakukan riset sambil menunggu kepastian produksi. Setelah ada kepastian pengambilan gambar, dia lebih dulu sebulan ke lokasi pengambilan gambar. Tujuannya untuk mengenal lokasi, dan bertemu teman-teman Wiji Thukul untuk menyelami karakter yang bakal diperankan.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini