Grebeg Tirto Aji Ritual Pengambilan Air Suci

Warga masyarakat Tengger menggelar tradisi ritual mengambil air suci dan rebutan tumpeng, di sumber air Widodaren Wendit Kabupaten malang, Jawa Timur. Tradisi ini merupakan warisan para leluhur warga Tengger yang digelar setiap Bulan Kasanga Tahun Saka.

Tumpeng ini dibawa warga dari lereng Gunung Bromo, untuk disucikan di sumber air widodaren sebelum dibagikan ke masyarakat. Berbagai uborampe dan hasil bumi seperti kentang, wortel dan sayur mayur dibawa sebagai pelengkap dalam upacara pengambilan air suci.

Sumber air widodaren merupakan salah satu dari tujuh sumber yang dipercaya warga tengger sebagai sumber air suci. Ketujuh sumber berasal dari tiga gunung yakni Gunung Arjuno, Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Warga percaya, dengan menyedekahkan hasil bumi mereka Tuhan akan memberikan rezeki yang melimpah. Puncak grebeg tirto aji ini dilakukan dengan rebutan tumpeng dan hasil bumi yang telah diberi mantra sang dukun adat. warga percaya, jika mendapat salah satunya akan mendapat berkah dari Tuhan yang Maha Kuasa.

Baca juga :  Ancaman Sempu, Mulai Latihan Militer Sampai Wacana Mendirikan Penjara

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini