Dua Jurnalis Terakota Juara Lomba Jurnalistik AJI Jakarta  

Terakota.id–Dua jurnalis Terakota.id menyabet juara dalam lomba jurnalistik yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta. Masing-masing juara 3 dalam kategori teks dan multimedia. Pengumuman pemenang lomba jurnalistik bertema “Mengeruk Cuan Sampah Kemasan Plastik dari Ekonomi Sirkular” dilangsungkan secara daring.

Jurnalis Terakota.id, Eko Widianto juara tiga kategori teks berjudul “Geliat Ekonomi Sirkular untuk Menyelamatkan Sungai Brantas.”  Sedangkan jurnalis Terakota.id, Abdul Malik juara tiga kategori multimedia berjudul “Menyelamatkan Lingkungan Mengeruk Manfaat Ekonomi.”

Pengumuman pemenang lomba dibarengi dengan acara diskusi daring bertema Jurnalis Pandemi Covid-19 dan Ekonomi Sirkular. Diskusi daring berlangsung melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung di akun YouTube Official AJI Jakarta.

“Lomba bertujuan meningkatkan awareness pemberitaan bertema sampah dan ekonomi sirkular bagi jurnalis cetak, online, televisi, dan radio. Karya yang dilombakan pernah terbit mulai Januari – 24 Desember 2020, “ ujar panitia, Gloria Fransisca.

Sampah menjadi isu penting lantaran di Indonesia mendapat predikat penyumbang sampah plastik di laut terbesar kedua di dunia. Dilansir dari info singkat upaya mengatasi sampah plastik di laut ditulis Teddy Prasetiawan menjelaskan Indonesia berkomitmen menurunkan 70 persen sampah plastik di laut pada 2025.

AJI Jakarta mengajak jurnalis berpartisipasi untuk mengembangkan liputan inspiratif yang menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengolah sampah. “Kita mendorong jurnalis untuk turut berperan mengatasi masalah sampah, “ ujar panitia lomba AJI Jakarta, Jackson Simanjuntak.

Kategori teks Juara satu Adi Marsela jurnalis Suara Pembaharuan berjudul “Menilik Cara Baru Kelola Sampah I-IV” sedangkan juara dua Febrianti Jurnalistravel.com dengan judul “Penjahit Sampah dari Karang Putih”.

Kategori multimedia Juara satu dimenangkan jurnalis Metro TV, Ade Mulya berjudul “Cerdik Pilih Pastik”. Juara dua dimenangkan jurnalis Tempo TV Nana Riski Susanti berjudul “Memetik Duit dari Sampah Plastik”.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini