Doner atau Kebab Khas Turki

Terakota.id–Doner atau kebab kini menjadi makanan populer di Indonesia.
Kebab menyebar dari Persia ke seluruh Timur Tengah pada abad delapan. Abad 16 tentara Turki mempopulerkan kebab ke seluruh dunia. Kebab dibawa masuk ke Indonesia oleh pedagang dari Timur Tengah yang singgah di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.

Kebab berasal dari kata Aramaik ‘kabbaba’ yang artinya ‘dibakar.’ Di Turki makanan ini bernama doner. Dalam bahasa Turki, doner artinya berputar. Daging dimasak dengan cara digantung pada sebuah batang besi dan diputar di dalam bara api.

Ada dua varian jenis doner, yakni ayam dan daging. Doner daging ada yang berasal dari daging sapi ada pula yang berasal dari daging domba. Daging yang dibalut kulit tortilla ini juga memiliki isian yang beragam: kentang goreng, irisan acar, tomat, cabai, selada, saus tomat dan saus mayones.

Kebab pada dasarnya bermakna daging yang dimasak tanpa air. Kebab asli Turki ini hanya berupa potongan daging. Dua jenis kebab yang terkenal di Turki yakni Adana kebab dan Iskender kebab.

Adana kebab berupa potongan daging sapi atau domba yang ditusuk pada tusuk besi lebar dan dipanggang atau dibakar. Bentuknya mirip seperti sate. Iskender kebab berupa potongan daging sapi atau domba bakar yang disiram saus tomat dan mentega cair. Dipadukan dengan potongan tomat segar dan cabai hijau

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini