BLACKPINK terpilih sebagai duta dari 26th UN Climate Change Conference of the Parties (COP26). (Foto : Kpop4Planet).
Iklan terakota

Terakota.id—Sederet K-Pop Idol berkampanye isu perubahan iklim. Sebanyak 31 bintang K-pop dari tujuh band  bergabung dan menciptakan kampanye Kstar 4 Climate. Mereka merilis video kampanye tentang perubahan iklim. Menampilkan momen para idol memegang t-shirt dan menuliskan definisi spontan mereka sendiri tentang perubahan iklim.

Kampanye diharapkan mendorong jutaan penggemar K-Pop di seluruh dunia untuk berperan mengurangi jejak karbon. Meliputi menggunakan listrik dengan energi terbarukan, atau mendaur ulang limbah. Organizer Kpop4planet, Nurul Sarifah menjelaskan jika para Idol  melihat isu perubahan iklim sebagai isu yang penting digemakan.

Kpop4Planet merupakan platform penggemar K-Pop berkumpul, berdiskusi, dan belajar tentang krisis iklim. Serta mengambil tindakan dengan fandom yang peduli dengan bumi. Kpop4planet diluncurkan Maret 2021 hingga penyelenggaraan KTT Iklim PBB ke-26 (COP26) pada bulan November 2021. Kpop4planet mendapat dukungan dari Global Compact Network Korea / UNGC korea.

Kpop4planet menjadi sebuah gerakan media sosial global yang memperjuangkan keadilan iklim. “Sebagai  idol, mereka harus membicarakan isu ini agar penggemarnya ikut ambil bagian,” kata Nurul dalam siaran pers yang diterima Terakota.id

Para penggemar K-Pop, katanya, sering streaming lagu dan video. Ternyata kegiatan ini berdampak terhadap lingkungan, karena energi listrik berdaya tinggi untuk pusat data. Sementara selama ini listrik masih didominasi sumber energi fosil, seperti batu bara dan minyak. Sehingga dikhawatiran akan menyakiti bumi.

Sehingga para idol tergerak mengajak industri untuk ambil bagian memanfaatan energi terbarukan, energi yang ramah lingkungan. Salah satunya Tokopedia yang akan menerapkan penggunaan energi bersih pada 2030. Para penggemar K-Pop mengajak Anda berpartisipasi menandatangani petisi yang digagas Kpop4planet melalui https://tokopedia4bumi.kpop4planet.com/. 

Berikut Deretan K-pop idol yang Peduli Terhadap Bumi

Lee Hyori

Sejak bertahun lalu Lee Hyori merasa bertanggungjawab terhadap keselamatan bumi. Sehingga ia menerapkan gaya hidup hijau dengan membangun rumah bersama suaminya, Lee Sang Soon, di Pulau Jeju yang desainnya ramah lingkungan. Seperti listrik bersumber dari panel surya, juga menggunakan material dari alam, seperti batu dan kayu. Juga dibangun taman asri yang cukup luas. Lee Hyori juga mengadopsi beberapa ekor anjing dan kucing.

“Hyori terbilang vokal dalam mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan,” kata Nurul. Berharap para penggemarnya mengikuti gaya hidup ramah lingkungan dan menjadi gerakan kolektif yang besar. Hyori turut mempengaruhi gaya hidup teman dekatnya Park Si Yeon. Turut mengedukasi terkait isu lingkungan, vegetarianism, hingga hak satwa.

Kpop4planet turut menggerakkan usaha menanam pohon, lantaran deforestasi di Indonesia menjadi salah satu penyebab utama krisis iklim. Semua pihak perlu bergerak memulai menjaga hutan dan menghentikan deforestasi, dan dibarengi dengan penanaman pohon.

Red Velvet

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Red Velvet sebagai Duta Hari Udara Bersih Internasional pada 7 September 2020. Mereka bertugas meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga bumi agar tak dipenuhi polusi udara beracun. Red Velvet mengajak generasi muda mengatasi masalah polusi udara dan perubahan iklim dengan perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari. Mulai mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan meminimalkan kantong plastik sekali pakai.

Pemilihan idol sebagai duta lingkungan hidup dapat memberikan suatu pandangan bahwa krisis iklim merupakan sebuah urgensi dan isu yang serius. Sehingga masyarakat harus mulai ikut mengambil bagian mengurangi penyebab krisis iklim.

BLACKPINK

BLACKPINK terpilih sebagai duta dari 26th UN Climate Change Conference of the Parties (COP26). BLACKPINK menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, atas keberhasilan mereka membuat video kampanye untuk meningkatkan kesadaran generasi muda dalam mengatasi perubahan iklim. “This is our planet. This is our future. Climate change affects us all,” kata Lisa Blackpink.

“Terpilihnya BLACKPINK sebagai Duta Iklim merupakan langkah bersama-sama Blink (Penggemar BLACKPINK) menjaga bumi,” tulis Blink Official Indonesia.

BLACKPINK memiliki perhatian khusus terhadap lingkungan. Mereka kerap memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam. Pada 2019 mereka mendonasikan 40 juta won untuk korban kebakaran hutan di Provinsi Gangwon, kebakaran terbesar di Korea Selatan. Pada 2020, Rose mengajak penggemarnya berdonasi bagi satwa liar yang menjadi korban kebakaran hutan di Australia.

Para fans BTS (disebut Army) melakukan donasi untuk para korban bencana banjir di Sulawesi Barat. (Foto : Kpop4Planet).

Sementara 16 fanclub K-Pop di Indonesia juga menggalang dana untuk masyarakat yang terdampak banjir besar di Kalimantan Selatan dan gempa di Sulawesi Barat. Dana yang terkumpul mencapai hampir USD 100.0000 atau dari Rp1 miliar.

Mamamoo

Mamamoo meluncurkan video klip lagu Hip, menampilkan adegan climate strike, sambil membawa poster yang berisi menuntut tindakan nyata bagi bumi. Melalui cuplikan video, MooMoos (penggemar Mamamoo) bangga bahwa Mamamoo menjadi idol pertama yang ikut menyuarakan deklarasi darurat iklim melalui video musik.

Gerakan ini memancing penggemar untuk memulai pembicaraan terkait darurat iklim. Kpop4planet Korea Selatan berencana meluncurkan kampanye soal sustainable music.