CEK FAKTA : Wali Kota Malang Meminta Maaf kepada Putra Putri Papua

cek-fakta-wali-kota-malang-meminta-maaf-kepada-putra-putri-papua
Tangkapan layar akun facebook Rudy Taryanto yang menyebar video diklaim Wali Kota Malang meminta maaf kepada putra putri Papua.

Terakota.id—Sebuah video berdurasi 2 menit 36 detik diunggah Rudy Taryanto pada Jumat, 8 September 2019. Pemilik akun menulis, “Pak Wali Kota Malang Meminta Maaf Kpd Putra Putri Papua.” Di dalam video terlihat seorang lelaki mengenakan pakaian batik berwarna perpaduan emas dan hitam itu merangkul dan bersujud di depan sejumlah orang yang berdiri berbaris. Sambil diiringi lagu satu nusa, satu bangsa.

Video telah dilihat 383 ribu orang, dikomentari 2.100 orang, disukai 4 ribu akun dan 8700 kali dibagikan di laman facebook. Beragam komentar warganet seperti akun Gokma Siregar, “salut bangga… Buat walikota yang merendahkan diri untuk kepentingan bangsa dan negara, “ibu pertiwi bangga dan bahagia ” itu sangat pasti.” Sementara pemilik akun Lenna Makmur menulis, “minta maaf kepada manusia adalah baik, tidak perlu pake bersujud 😥.”

Pak Wali Kota Malang Meminta Maaf Kpd Putra Putri Papua

Posted by Rudy Taryanto on Friday, 6 September 2019

Terakota.id mengamati video tersebut untuk mengecek kebenaran klaim sepihak Rudy Taryanto. Di video tersebut, terlihat spanduk kegiatan bertulis sub tema : keteladanan berbasis pancasila memberi harapan kerukunan di antara sesama anak bangsa. Melalui mesin pencari diketahui sejumlah media daring memberitakan sebuah acara diskusi yang diselenggarakan Aliansi Relawan Jokowi (ARJ). Antara lain kabarindonesiatimur.id, konkrit.com dan wartajakarta.com.

Diskusi menghadirkan pembicara Penanggung Jawab ARJ Haidir Alwi, Ketua Umum Jayaperbangsa Yesri Tandiseru, Laksamana Pertama TNI (Purn) Bonar Simangunsong, dan  Koordinator Umum ARJ Aidil Fitri. Jika foto di media dan video disandingkan, dipastikan seseorang yang bersujud tersebut Haidir Alwi. Terlihat dari postur tubu, wajah dan kemeja yang dikenakan.

KESIMPULAN

Video yang beredar misleading atau menyesatkan warganet. Tak ada kesesuaian antara video dengan keketerangan yang disampaikan. Jika disebarkan berulang-ulang di media sosial akan menyebabkan misinformasi atau disinformasi.

FAKTA

Sosok pria yang memeluk dan bersujud bukan Wali Kota Malang Sutiaji. Pria yang bersujud itu adalah Penanggung Jawab Aliansi Relawan Jokowi Haidir Alwi,

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini