CEK FAKTA : Terinfeksi Corona, Warga Jalan Wijayakusuma Dau Dilokalisir

Kabar yang beredar salah atau hoaks. Pesan tersebut termasuk kategori menyesatkan atau misleading.

Terakota.idBeredar pesan di aplikasi perpesaan WhatsApp jika kawasan Dau, Kabupaten Malang, mencekam. Kawasan tersebut dilokalisir lantaran salah seorang warga di Jalan Wijaya Kusuma meninggal positif terinfeksi covid-19. Warga dilarang melintas dan memasuki kawasan tersebut. Sedangkan 110 orang yang melayat dan memakamkan jenazah tersebut diklasifikasikan terduga terinfeksi covid-19.

INFORMASI

Pesan di aplikasi perpesanan tertulis, “”Maaf sekedar info…hati2….jln wijaya kusuma sengkaling hari ini diisolasi…lokasi gang sebelah kiri sebelum tracficlight setelah Sengkaling…gang jln wijayakusuma sepanjang 250 meter sdh diisolasi dan ditutup karena ada satu keluarga terjangkit corona setelah menjenguk keluarganya di Solo….jadi sepanjang jl wijayakusuma sengkaling ditutup dan dijaga aparat kepolisian dan TNI,”

HASIL CEK FAKTA

Portal berita detik.com melaporkan jika kabar lokalisir warga Jalan Wijayakusuma, Dau, Kabupaten Malang melaporkan kabar tersebut  bohong. Camat Dau Eko Margianto menjelaskan situasi dan kondisi wilayah Jalan Wijayakusuma dipastikan aman. Kegaduhan yang ditimbulkan karena beredarnya pesan berantai itu adalah hoakas.

“Alhamdulillah, sampai hari ini situasi Dau, khususnya Jalan Wijayakusuma aman terkendali. Kami terus gencar lakukan sosialisasi agar masyarakat tak panik dan selalu menjaga kondisi kesehatan dan lingkungannya. Tidak benar kalau ada 110 warga kami suspect Corona terutama di wilayah Sengkaling,” tegas Eko saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (22/3/2020) sore.

KESIMPULAN

Kabar yang beredar salah atau hoaks. Pesan tersebut termasuk kategori menyesatkan atau misleading.

RUJUKAN

Portal berita Detik.com 

 

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini