Cegah Banjir, Mahasiswa di Malang Bagikan Bibit Pohon

Mahasiswa Fakultas Vokasi, Universitas Brawijaya membagikan 200-an bibit tanaman kepada warga Malang di CFD Jalan Ijen Kota Malang pada Ahad, 9 Juni 2024. (Foto: Degreen UB).
Iklan terakota

Terakota.IDMahasiswa Fakultas Vokasi, Universitas Brawijaya membagikan 200-an bibit tanaman kepada warga Malang di CFD Jalan Ijen Kota Malang pada Ahad, 9 Juni 2024. Mereka yang tergabung dalam DeGreen membagikan aneka tanaman untuk memperingati hari lingkungan hidup, serta meminimalisir polusi udara. Kegiatan ini turut didukung Perusahaan Umum Jasa Tirta 1.

Lantaran udara di Kota Malang terpapar polusi udara yang berasal dari gas buang kendaraan dan industri. Koordinator DeGreen, Nafi’ Zakiya menjelaskan dengan menanam pohon, akan menciptakan lingkungan yang lebih asri dan nyaman. Selain itu, juga meningkatkan kesadaran masyarakat agar gemar menanam pohon.

“Banyak pegendara motor dan mobil pasti menciptakan polusi. Nah di sini, kita ingin menanggulangi melalui program menanam bibit tanaman ini,” katanya dalam siaran pers yang diterima Terakota.ID. Pembagian bibit diharapkan bisa berdampak baik terhadap lingkungan, dan meminimalisir polusi udara. Nafi menambahkan di Kota Malang terjadi alih fungsi kawasan atau ruang terbuka hijau menjadi permukiman dan pertokoan. Sehingga menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Malang.

Selain itu, juga terjadi deforestasi di Batu yang menyebabkan banjir dan tanah longsor. Kawasan hulu sungai Brantas di Baru, tiga tahun lalu banjir menyebabkan tujuh nyawa melayang. Sehingga perlu aksi bersama publik. Program ini didukung Perusahaan Umum Jasa Tirta1, otorita pengelola Daerah Aliran Sungai Brantas. Mereka turut membagikan bibit pepohonan tersebut.

Dengan konsep “Plant Tree, Save Earth”, diharapkan berdampak besar bagi masa depan kita semua.

Juru bicara Perum Jasa Tirta 1, Yulia Puspitaningroem menyampaikan Perum Jasa Tirta 1 berkomitmen turut menjaga dan memperindah lingkungan Kota Malang. Sebagai badan otorita yang mengelola Daerah Aliran Sungai Brantas, Perum Jasa Tirta 1 turut menyumbang bibit tanaman. “Program ini turut mendukung pemerintah dalam bidang ketahanan air, ketahanan pangan, ketahanan energi,” katanya.

Ia berharap kegiatan dilangsungkan setiap tahun, sehingga lingkungan semakin hijau. Kegiatan ini diharapkan menginspirasi masyarakat dan perusahaan untuk turut berperan aktif dalam pelestarian lingkungan. “Bersama-sama menanam pohon dan menyelamatkan bumi. Kita menciptakan lingkungan hijau dan berkelanjutan untuk generasi mendatang,” ujarnya.