Cara Mudah Untuk Menjaga Taman Anda Tetap Rimbun dan Hijau  

Ilustrasi Taman Bunga Nusantara

Terakota.idApakah taman Anda tampak rimbun, sehat, dan hijau? Saat musim hujan mungkin tidak sulit untuk melihat taman Anda tetap hijau. Tetapi saat musim kemarau datang, apakah taman Anda dapat tetap rimbun? Melihat taman tetap rimbun dan hijau kapan pun tentu akan memberi kepuasan tersendiri bagi kita yang merawatnya. Inilah 7 cara mudah untuk menjaga taman Anda agar tetap rimbun dan hijau di sepanjang tahun.

1. Menyiram tanaman dengan tepat

Mungkin ada dari kita yang berpikir bahwa semakin banyak tanaman yang disirami, maka akan semakin subur. Apalagi jika datang musim kemarau, tanaman pasti membutuhkan banyak udara. Faktanya, kebutuhan udara pada masing-masing jenis tanaman itu berbeda. Sebaiknya kenali dulu berapa banyak kebutuhan penyiraman air pada masing-masing jenis tanaman di taman Anda. Perhatikan juga waktu penyiraman yang disarankan. Pastikan semua tanaman di taman Anda mendapatkan kebutuhan udara dengan tepat sehingga dapat tumbuh subur. Akan lebih mudah jika ada pompa air di taman Anda yang akan memudahkan Anda dalam menyiram tanaman. Simak beberapa rekomendasi pompa air di sini.

2. Gunakan Pupuk Kompos

Agar tanaman lebih sehat, berikan nutrisi berupa pupuk. Namun sebisa mungkin hindari penggunaan pupuk kimia. Gunakanlah pupuk kompos yang berasal dari penguraian bahan-bahan organik yang tentunya akan lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kita. Anda juga dapat membuat pupuk kompos Anda sendiri, misalnya dari sayuran dan sisa makanan atau dari limbah hewan peliharaan. Tetapi sebelum digunakan, pastikan pupuk kompos buatan Anda sudah terurai dengan sempurna, sehingga nutrisinya mudah diserap oleh tanaman.

 

3. Menanam Tanaman Lokal

Setiap jenis tanaman memerlukan trik tersendiri agar dapat tumbuh rimbun. Kadang tanaman tertentu dari luar daerah tidak dapat tumbuh dengan sempurna di tempat tinggal kita. Faktor komposisi tanah dan kondisi iklim setempat juga mempengaruhi hal ini. Misalnya, jika kondisi tanah dan iklim di daerah Anda tidak cocok untuk pertumbuhan pohon kelengkeng, maka jika Anda menanam pohon kelengkeng hasilnya belum tentu akan bagus dan rimbun. Karena itu, jika Anda belum mengetahui dengan pasti trik untuk menangani tanaman dari luar daerah, usahakan untuk hanya menanam tanaman lokal di taman Anda.

4. Menadah Air Hujan

Mungkin ada banyak jenis tanaman di taman Anda yang memerlukan penyiraman air dalam jumlah yang banyak. Pastikan kebutuhan air pada musim kemarau juga dapat terpenuhi. Di saat hujan, cobalah untuk menadah air untuk digunakan di lain waktu untuk menyiram tanaman. Hal ini selain akan menghemat pengeluaran air dirumah Anda, juga untuk memastikan tanaman Anda tidak kekurangan air.

 

5. Menyiangi Tanaman dengan Teratur

Tanaman Anda dapat bersaing dengan rumput liar atau gulma untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari tanah. Karena itu, penting untuk membersihkan taman Anda dari rumput liar atau gulma secara teratur, atau disebut juga dengan menyiangi tanaman. Biasakan untuk memperhatikan adanya rumput liar setiap hari saat menyiram tanaman, atau jadwalkanlah waktu khusus untuk menyiangi tanaman Anda secara teratur. Jangan menunggu sampai rumput liar sudah terlalu banyak atau sudah tumbuh tinggi.

 

6. Waspada Hama Tanaman

Adanya hama tanaman seperti ulat atau serangga yang terlalu banyak juga dapat menimbulkan penyakit bagi tanaman. Karena itu, perhatikan apakah terdapat terlalu banyak serangga atau ulat di taman Anda, yang selain dapat membuat Anda kurang nyaman, juga dapat merugikan tanaman. Jika ada terlalu banyak serangga di taman Anda, pikirkan cara yang tepat untuk mengurangi serangga tanpa merusak tanaman Anda.

 

7. Atur Jarak Tanaman

Memiliki taman yang terlihat rimbun dan asri memang menyenangkan. Tetapi perhatikan juga agar jarak antar tanaman tidak terlalu rapat. Masing-masing tanaman membutuhkan nutrisi dari tanah. Jika jarak antar tanaman terlalu rapat, selain nutrisi tanaman kurang optimal, tanaman dapat menjadi lebih lembab yang akhirnya dapat memicu berbagai penyakit tanaman. Karena itu, pastikan untuk ada jarak antar tanaman sehingga ada udara bebas yang mengalir di antara tanaman-tanaman di taman Anda.

 

Itulah tujuh cara untuk menjaga agar taman Anda rimbun dan hijau. Untuk menjaga agar taman tetap rimbun, tentunya Anda harus siap untuk meluangkan waktu, tenaga, dan sejumlah biaya. Tetapi hasil yang akan Anda dapatkan pun pasti akan menyegarkan mata Anda dan memberikan kepuasan tersendiri saat melihat taman kita rimbun dan hijau.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini