Cara Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online Secara Aman    

Foto : Terasmaluku.com

Terakota.idPandemi yang tak kunjung berakhir membuat banyak orang akhirnya memilih pinjaman online sebagai alternatif bijak untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Namun karena alasan ini juga, banyak beredar pinjol ilegal yang justru malah merugikan masyarakat. Untuk itu, sebelum memilih pinjaman online Anda harus tahu dulu cara menggunakan aplikasi pinjaman online secara aman. Berikut caranya:

  1. Pilih Perusahaan Berizin OJK
Sumber foto: Pinterpandai.com.

Perusahan yang menawarkan pinjaman online kian menjamur apalagi saat pandemi Corona seperti sekarang. Namun, lembaga yang memiliki izin resmi dan bisa melayani pinjaman online baru 161 pinjol hingga Februari 2020.

Bagi Anda yang akan mengajukan pinjol, lebih baik mengecek status perizinan dari lembaga pemberi pinjaman itu terlebih dahulu. Perusahaan pinjaman online yang telah berizin di OJK artinya mereka telah diverifikasi dan mendapatkan pengawasan secara langsung dari OJK sehingga segala ketentuan yang ditetapkan tidak akan merugikan Anda. Untuk itu, cek dulu legalitas dari perusahaan pemberi pinjaman online di laman www.ojk.go.id.

  1. Perhatikan Bunga dan Denda Pinjaman

Pinjaman online cepat cair yang aman akan memberikan banyak kemudahan sehingga banyak orang tergiur untuk meminjam pinjaman itu sendiri. Padahal berbagai syarat pinjaman online harus di perhatikan dengan teliti, salah satunya adalah bunga dan denda pinjaman. Bunga dan denda akan memengaruhi jumlah tagihan yang harus dibayarkan nantinya. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu bunga dan denda yang ditawarkan, dan lakukan perbandingan di setiap pinjol.

  1. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang
Foto : Maucash.id

Walaupun sedang kesulitan mendapatkan uang, jangan sampai kebiasaan gali lubang tutup lubang. Hal ini sangat berbahaya, seperti membayar pinjaman dengan pinjaman baru yang justru menjadi awal mula orang biasanya terlilit hutang.  Cara ini bukannya membuat tagihan cepat lunas malah membuat banyak tagihan yang akhirnya membuat Anda stress. Cara yang bisa dilakukan adalah membayar cicilan sebagai prioritas utama setelah menerima gaji. Jangan sampai membiasakan diri untuk menggali lubang dan tutup lubang ketika membutuhkan dana.

  1. Meminjam Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Membayar

Pinjam di aplikasi pinjaman online memang akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan dana secara cepat. Namun, jangan sampai hal ini justru membuat Anda terlena dengan meminjam lebih dari yang dibutuhkan.

Selain itu, jangan meminjam uang hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Ini dilakukan agar tidak memberatkan Anda dan jangan lupa pertimbangkan cicilan lain yang harus dibayarkan. Jangan sampai menyesal di akhir.

  1. Teliti Membaca Kontrak Pinjaman
Foto : Brandsynario.com

Setelah pinjaman disetujui Anda akan diberikan kontrak perjanjian yang harus disetujui. Pelajari dulu dengan teliti kontrak perjanjian yang ditawarkan tersebut. Tidak perlu ragu mengajukan pertanyaan apabila ada bagian kontrak yang kurang jelas dan paham.

Di kemudian hari, jika melanggar ketentuan dari perjanjian itu Anda akan mendapatkan sanksi. Artinya, jika tidak ingin terjadi masalah jangan sekali-kali melanggar aturan.

Itulah cara menggunakan aplikasi pinjaman online secara aman yang harus dilakukan agar terhindar dari pinjaman ilegal. Agar aman melakukan pinjaman online, sebaiknya pilih aplikasi Tunaiku. Aplikasi ini menawarkan pinjaman tanpa jaminan yang lebih mengutamakan memberikan keamanan dan fleksibilitas layanan untuk nasabahnya.

Anda bisa mengajukan pinjaman Rp. 2 juta hingga Rp. 20 juta dan masa tenornya 6 bulan sampai 20 bulan. Selain itu, Tunaiku dijamin aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga Anda sebagai peminjam dijamin aman dalam menggunakan produk pinjaman ini. Diharapkan informasi ini bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan dana cepat ya!

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini