Tradisi Buka Puasa di Vihara Sanggar Suci Lawang

Terakota.id–Vihara Sukhavati Sanggar Suci Lawang memiliki tradisi tersendiri saat bulan Ramadan, yakni berbagi buka gratis sebulan penuh. Tradisi berbagi makan untuk berbuka ini rutin dilakukan sejak tahun 1998. Menu yang dihidangkan pun terus berganti setiap hari. Meski sederhana, pembagian buka gratis ini selalu dipenuhi oleh warga.

Awalnya kegiatan ini dilakukan di halaman Vihara. Namun karena setiap tahun warga yang datang untuk mendapat buka gratis ini semakin membludak, pengurus akhirnya memindahkan kegiatan ini disamping Vihara. Umat muslim yang tak bisa berbuka puasa di rumah bisa bergabung di sini.

Umat muslim yang berbuka berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Mulai tunawisma, pengamen, pekerja pabrik, anak jalanan dan sopir angkutan umum. Serta para pengendara kendaraan pribadi yang kebetulan melintas. Mereka disambut dan dijamu dengan makanan dengan menu bervariatif dan halal.

Kegiatan ini merupakan bentuk toleransi antar umat beragama, untuk menciptakan kerukunan. Pengurus juga tak membatasi siapapun, yang ingin mendapat buka gratis disini. Setiap hari, pengurus menyediakan 200 hingga 300 porsi nasi lengkap dengan minum.

Berbagi buka gratis ini didukung dana dari para jemaat Vihara Sukhavati Sanggar Suci Lawang. Setiap hari, pengurus mengeluarkan Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta, untuk menyediakan buka gratis ini. Para relawan jemaat Vihara Sukhavati Sanggar Suci Lawang juga berdatangan dari berbagai daerah di Jawa Timur.

 

Baca juga :  Peringatan 4 Tahun Omah Munir

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini