Blusukan Situs Sejarah Lintas Masa di Kedungkandang

blusukan-situs-sejarah-lintas-masa-di-kedungkandang
Bekas area pemakaman Belanda yang telah berubah menjadi permukiman pata penduduk di Gang 9 A Kelurahan Mergosono, Kedungkandang, Kota Malang. (Terakota/Eko Widianto).

Reporter : Mochammad Farabi Wardana

Terakota.id–Puluhan Pemandu Wisata Sejarah Kota Malang menelusuri sejarah masa lalu Kota Malang akhir pekan lalu. Mereka melihat sejumlah situs bersejarah di kawasan Kedungkandang Kota Malang dalam program Blusukan Bersahaja Kota Malang bagian ketiga. Blusukan rutin diselenggarakan untuk mengenal sejarah kota Malang.

Situs sejarah lintas masa mulai masa Kerajaan Tumapel, agresi militer Belanda dan perang kemerdekaan. Penelusuran dimulai dari sejarah Klenteng Eng An Kiong. Menelusuri sejarah dan perkembangan umat Konghucu dan etnis Tionghoa di Kota Malang.

Dilanjurkan ke lonceng Kotalama, bekas makam etnis Belanda di Kotalama, Aniem dan suling Kotalama, Patirthan Jodipan Wetan, punden Sentono Kutobedah, dan makam cicit Ki Ageng Gribig.

Mengenal sejarah dan menelusuri peradaban masa lalu. Lintas masa, para pemandu wisata berharap bisa mengenal Kota Malang lebih mendalam. Tak hanya tahu sejarah, namun juga penting untuk pelajaran generasi masa depan.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini