Berburu Senja di Waduk Dempok Malang

Tak perlu jauh cukup berburu senja di waduk Dempok, Pagak, Kabupaten Malang. (Terakota/Zainul Arifin).

Terakota.id–Matahari mulai beringsut ke barat. Langit biru berganti jingga hingga merah merekah. Perlahan sang surya tak lagi terlihat, terbenam di ujung waduk Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Sinar matahari berpendar, warna air waduk seolah turut merona.

Petang itu, pukul 17.15 WIB aktivitas di samping waduk Dempok, cukup ramai. Tiga orang juru kamera fokus mengabadikan mentari di ufuk barat. Beberapa orang lainnya melakukan hal serupa, menggunakan kamera di gawai.

Para pemburu senja tidak harus pergi jauh ke pantai atau ke gunung. Sebab waduk ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati senja. Kemilau air waduk menambah elok suasana.

Seorang pengunjung menikmati matahari terbenam di Bendungan Dempok, Pagak, Malang, (Terakota/Zainul Arifin).

“Saya dari Kota Malang, datang khusus untuk mengabadikan momen ini,” kata salah seorang juru kamera, akhir pekan lalu.

Dari tengah bendungan dua perahu silih berganti menepi. Deretan perahu berjajar tertambat di dermaga. Masih di tepi bendungan, para penjaja ikan air tawar bersiap mengemasi dagangan. Sembari berteriak menawarkan ikan segar kepada pengunjung yang melintas.

Penjual menjajakan ikan segar hasil tangkapan nelayan di waduk Dempok. (Terakota/Zainul Arifin).

Mereka menjajakan ikan berbagai ukuran hasil tangkapan dari waduk Dempok. Sebagian besar adalah ikan mujair, ada juga nila. Ikan dijual per jaring dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 20 ribu – Rp 70 ribu per jaring.

Pembeli bisa sekaligus meminta para pedagang membersihkan ikan. Ikan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Dapat pula dimasak langsung di area waduk. Sejumlah warung menyediakan jasa mengolah ikan, sesuai permintaan pembeli diolah menjadi ikan goreng atau ikan bakar.

Sejumlah gazebo, menjadi tempat asyik menikmati panorama alam sembari menyantap ikan dan merasakan udara segar. Jika ingin menikmati olahan ikan langsung kawasan waduk, pengunjung harus datang lebih siang. Sebab menjelang petang sejumlah warung mulai tutup.

Nelayan mendayung perahu membawa hasil tangkapan ke tepi waduk Dempok. (Terakota/Zainul Arifin).

Saat siang siang wisatawan bisa menyewa perahu, berkeliling danau cukup dengan tarif Rp 10 ribu. Waduk Dempok, menjadi tempat pelesir yang murah meriah.

Datang lebih awal agar bisa menyewa perahu mengitari bendungan. Kemudian mengisi energi dengan menyantap ikan nan gurih. Serta menutup hari dengan menikmati senja, matahari terbenam di ujung waduk.

Lokasi waduk Dempok berada tidak jauh dari Bendungan Sengguruh. Kurang lebih 29 kilometer bila ditempuh dari Kota Malang. Dari pusat kota, silakan melaju hingga ke perempatan pasar Kepanjen. Lanjut ke arah Sengguruh sampai beberapa kali tikungan, akan ada papan penunjuk. Bisa juga memanfaatkan peta lokasi daring.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini