Belajar Bersama Jurnalisme Data

Iklan terakota

Terakota.ID—Sebanyak 10 jurnalis mengikuti penguatan jurnalisme data yang diselenggarakan Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya di Malang Creative Center (MCC) 21-22 Agustus 2023. Peserta terdiri atas jurnalis Terakota dan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang. Pelatihan terdiri atas pelatihan infografis, pengembangan tools jurnalisme data dan business plan.
Ketua tim pengabdian masyarakat UNTAG, Arief Maulana menjelaskan di era tsunami informasi, masyarakat membutuhkan media yang mampu memverifikasi kebenaran dari jutaan informasi yang tersebar di internet. Sehingga peran jurnalisme data sangat dibutuhkan. “Bagi pemangku kepentingan, jurnalisme data dan produk turunannya dapat menjadi feeding informasi sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan,” katanya.

Sedangkan bagi masyarakat, jurnalisme data bisa menjadi rujukan utama berita yang berkualitas. Sehingga turut berfungsi sebagai kontrol sosial, sesuai fungsi pers. Namun, setidaknya ada tiga hambatan utama yang dihadapi Terakota.ID. Pada bidang manajemen, media pengelolaan SDM belum maksimal, jurnalisme data belum jadi alternatif pendapatan diluar iklan dan belum memiliki rencana strategis bisnis untuk produk jurnalisme data.

Jumlah SDM yang terbatas, perlu dimaksimalkan dengan potensi yang dimiliki. Termasuk, pembagian tugas data analisis, penyajian data dalam bentuk infografis. Sedangkan pengembangan produk jurnalisme dan berkesempatan mengembangkan produk media. Seperti lembaga penyedia data (data provider) semacam pendapatan media diluar iklan. Namun sejauh ini belum dilakukan Terakota.ID.

Sedangkan untuk business plan didesain untuk pengembangan produk jurnalisme data yang diikuti dengan rencana strategis pengembangan bisnis. Sedangkan berdasarkan analisis situasi lapangan, terakota.ID memiliki keunggulan memproduksi karya jurnalistik yang berkualitas.
“Namun belum mampu memproduksi berita jurnalisme data dalam jumlah yang besar secara kuantitas,” ujarnya. Disisi lain, infografis yang ditampilkan dalam karya jurnalisme memiliki peranan penting dalam penayangan data.

Selain itu, perlu membangun rencana strategis bisnis media dalam bentuk business plan untuk membuat rencana strategis bisnis media. Agar Terakota.ID memiliki arah dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu lima tahun kedepan. Pembangunan rencana bisnis ini mengacu pada upaya sustainability media. Sustain secara finansial, institusional dan sosial.

Salah seorang peserta pelatihan Dendi Gandakusuma mengaku tertarik mengikuti pelatihan yang memberikan tambahan pengetahuan dalam jurnalisme data. Syukur, jika dilanjutkan dengan liputan koleborasi. “Pelatihan mbois, perlu dikembangkan praktik menggunakan tools mulai menambang data, analisis sampai visualisasi,” lata Deni yang juga Sekretaris AJI Malang.