Belajar Asyik dengan Musik

Reporter: Fatima Tuzzaroh

Terakota.id–Derai tawa keluar dari bibir puluhan siswa Taman Kanak-Kanak Oasis, Sukun, Kota Malang. Mereka tengah berkunjung ke Museum Musik Indonesia (MMI), Rabu 15 Agustus 2018. Keceriaan 48 anak-anak TK ini ditunjukkan saat melihat aneka koleksi peralatan musik tradisional.

Mereka dibagi menjadi tiga kelompok, mengunjungi setiap sudut ruangan di MMI. Takjub, mereka mendengarkan aneka bunyi-bunyian yang dikeluarkan intrumen musik tradisional. Ekspresif mereka memainkan dan mendengarkan alat musik dengan penuh keceriaan.

Selama ini mereka jarang menemui instrumen musik tradisional yang menjadi kekayaan musik Nusantara. Sementara mereka lebih akrab dengan instrument modern dari luar negeri.

Tak kelinggalan juga melongok deretan koleksi kaset, cakram padat, dan piringan hitam yang berisi aneka musik dari berbagai genre. Termasuk melihat aneka alat pemutar piringan hitam, kaset dan cakram padat. Pemandu dari MMI mengajak mereka bermain dengan aneka alat musik seperti angklung, gamelan dan sapek.

Siswa TK Oasis belajar memainkan sejumlah instrumen tradisional. (Terakota/Fatima Tuzzaroh).

“Umumnya mahasiswa dan siswa SMP atau SMK. Tapi hari ini pelajar TK, lucu,” kata juru bicara MMI, Abdul Malik. Lagu anak-anak keluar dari pelantang, mereka turut menirukan dan menyanyikan lagu tersebut, Menambah keceriaan saat berada di dalam Museum.

Salah seorang guru pendamping, Lilik mengaku kunjungan ke MMI merupakan agenda bulanan TK Oasis. Memberikan pelajaran melalui permaianan. Anak-anak, katanya, lebih mudah menyerap pelajaran sambil bermain. “Musik merupakan media yang baik untuk meningkatkan kemampuan motorik anak,” ujarnya.

TK Oasis memiliki sistem pembelajaran berdasarkan tema. Setiap bulan ditentukan tema khusus untuk membantu proses belajar. Tujuannya untuk mengenalkan anak-anak budaya Indonesia dan luar negeri. Namun dalam sudut pandang yang menyenangkan.

Sedangkan bulan ini tema pembelajarannya  tentang musik. Sehingga siswa TK diajak untuk melihat, memainkan instrumen musik mendengarkan lagu anak-anak tempo dulu.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini