Bagus Dwi Danto Sisir Tanah Suka Nongkrong

Terakota.id–Musisi Bagus Dwi Danto “Sisir Tanah” berkunjung ke redaksi Terakota.id sembari menikmati kopi Jogomulyan khas Malang di warung Kalimetro. Redaksi Terakota.id berdikusi ringan mengenai musik dan gerakan aktivisme selama hampir lima jam. Tak terasa diskusi dimulai sejak pukul 19.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Danto mengaku suka nongkrong dan berdiskusi bersama siapapun di kota yang disinggahi. Ia mampir ke Terakota.id usai memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) di Omah Munir, Jumat 8 Desember 2017.

“Ingin dapat teman banyak, mumpung ada momen. Tabungan teman. Mumpung masih ada energi. Memang melelahkan,” katanya.

Solois ini mengaku terlibat berkesenian dan dunia gerakan sejak lama. Seperti aktif dalam kampanye perlindungan hutan kota Malabar di Malang  yang melibatkan banyak para seniman dan aktivis lingkungan. Malang, seolah menjadi rumah kedua bagi Danto.

Ia juga terlibat dalam kampanye terbunuhnya jurnalis Udin di Yogyakarta bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta. Danto dekat dengan dunia jurnalistik lantaran istrinya seorang jurnalis.

“Seni merupakan media yang lentur. Bisa diterima semua orang. Efektif untuk kampanye,” katanya.

Pimpinan yayasan Terakota, Luthfi J. Kurniawan memberikan kado berupa buku sastra terbitan Intrans Publishing. Sebagai kenang-kenangan, sekaligus mengenalkan sejumlah buku yang diterbitkan Intrans Publishing. Salah satunya kumpulan esai berjudul Kata tak Sekedar Melawan, Gerakan Puisi Melawan Korupsi karya Sosiawan Leak.

 

Tinggalkan Balasan