Awas Jangan Tertukar, Ini Dia Perbedaan Samsung A22 4G Dan 5G!

Terakota.id–Siapa yang tidak kenal dengan brand Samsung? Brand asal Korea Selatan ini menjadi brand smartphone Android nomor 1 di dunia. Samsung sejak tahun 1990-an terus berinovasi mengeluarkan terobosan-terobosan ponsel dengan teknologi yang semakin canggih. Di tahun 2021 ini, Samsung mengeluarkan tipe ponsel terbaru yaitu Samsung A22.

Ponsel ini memiliki dua variasi, yaitu Samsung A22 LTE dan 5G. Kedua variasi tersebut memiliki perbedaan utama pada jaringan internet, varian Samsung A22 5G menawarkan teknologi jaringan internet terbaru dengan kualitas jaringan yang jelas lebih cepat. Tidak hanya jaringan internet, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan lainnya. Simak spesifikasi lengkap dan perbedaan kedua variasinya.

Kamera

Samsung A22 LTE memiliki quad camera atau empat kamera pada bagian belakangnya. Kamera utama memiliki resolusi 48 MP dengan lensa wide. Ketiga kamera lainnya dilengkapi dengan lensa ultrawide, lensa depth, dan lensa makro. Kamera dengan lensa ultra wide memiliki resolusi hingga 8 MP. Sedangkan kamera lensa depth dan makro memiliki kualitas resolusi 2 MP. Perpaduan kedua kamera tersebut, lensa depth dan makro akan bekerja secara simultan saat mengambil foto dari jarak dekat dengan efek bokeh alami.

Selain itu, Samsung A22 LTE memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera utama akan membantu Anda untuk mengambil video yang halus dan gambar yang tajam. Fitur tersebut akan meningkatkan kemampuan low light Samsung A22 LTE. Melalui performa kamera tersebut, Anda dapat mengabadikan foto dengan hasil yang ciamik. Untuk kamera depan, Samsung A22 LTE memiliki single kamera dengan resolusi 13 MP dan juga dilengkapi dengan lensa wide. Baik kamera belakang maupun kamera depan, keduanya dapat merekam video dengan kualitas 1080 pixels pada 30 fps.

Berbeda dengan Samsung A22 LTE, Samsung A22 5G hanya memiliki tiga kamera pada bagian belakangnya. Kamera utama memiliki resolusi 48 MP dengan lensa wide. Kedua kamera lainnya yaitu kamera lensa ultra wide dan kamera lensa depth. Kamera lensa ultra wide memiliki resolusi hingga 5 MP. Sedangkan kamera lensa depth memiliki resolusi 2 MP. Kamera bagian depan Samsung A22 5G sama seperti Samsung A22 LTE.

Kamera depannya yaitu single kamera yang memiliki resolusi 8 MP dan dilengkapi dengan lensa wide. Kamera belakang Samsung A22 5G dapat merekam video dengan kualitas 1152 pixels pada 30 fps sedangkan kamera depan dapat merekam video dengan kualitas 1080 pixels pada 30 fps. Jadi dari segi kamera, Samsung A22 LTE lebih unggul dibandingkan Samsung A22 5G.

Platform

Platform menjadi bagian yang penting pada smartphone karena menyangkut bagian mesin. Prosesor yang digunakan pada Samsung A22 LTE yaitu Octa Core dengan chipset Mediatek Helio G80. Prosesor ini mendukung untuk menggunakan berbagai aplikasi dan juga bermain game dengan lancar.

Berbeda dengan Samsung A22 LTE, Samsung A22 5G menggunakan prosesor Octa Core dengan chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G. Prosesor tersebut memang mendukung konektivitas internet generasi kelima (5G). Sistem operasi android yang digunakan oleh Samsung A22 LTE dan Samsung A22 5G sama, kedua smartphone ini menggunakan Android 11 dan One UI Core 3.1. Sistem operasi ini memiliki banyak sekali fitur user interface yang intuitif.

Desain

Dari segi desain warna, Samsung A22 5G dan Samsung A22 LTE memiliki jumlah pilihan warna yang sama. Samsung A22 5G menawarkan empat pilihan warna yang terdiri dari abu-abu, putih, mint, dan violet. Sedangkan Samsung A22 LTE memiliki empat pilihan warna yang terdiri dari hitam, putih, mint, dan violet. Dari segi desain ukuran smartphone, Samsung A22 LTE memiliki ukuran yang lebih ringan dan tipis. Samsung A22 LTE berukuran 6,4 Inch dengan ketebalan 8,4 mm dan berat 186 gram. Sedikit lebih besar, Samsung A22 5G berukuran ,6 Inch dengan ketebalan 9 mm dan berat 203 gram.

Untuk material, kedua smartphone Samsung A22 terbuat dari material glass pada bagian depan serta material plastik pada bagian frame dan belakang. Bagian layar kedua smartphone ini memiliki desain yang berbeda. Samsung A22 LTE memiliki rasio screen to body sebesar 84,3 % dengan tipe layar Super Amoled, Samsung A22 5G memiliki rasio screen to body sebesar 82,3% dengan tipe layar TFT. Dari segi performa layar, Samsung A22 LTE lebih unggul karena menggunakan tipe layar Super Amoled yang merupakan tipe layar dengan teknologi terdepan dan dapat menampilkan layar kualitas HDR.

Kapasitas Penyimpanan

Dari segi penyimpanan, Samsung A22 5G menawarkan lebih banyak variasi kapasitas penyimpanan. Samsung A22 5G menawarkan empat variasi penyimpanan yaitu RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB, RAM 4GB dengan penyimpanan internal 128 GB, RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB, dan RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB.

Sedangkan Samsung A22 LTE hanya menawarkan tiga variasi yaitu RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB, RAM 4GB dengan penyimpanan internal 128 GB, dan RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Meskipun Samsung A22 5G memiliki variasi kapasitas penyimpanan lebih unggul, tetapi keduanya sama-sama memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Nah itulah spesifikasi serta perbedaan antara Samsung A22 LTE dan 5G. Anda dapat membeli ponsel melalui aplikasi Blibli dan dapatkan berbagai promo menarik.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini