Pemerintah Australia menyalurkan paket peralatan medis dan vaksin. Terdiri atas 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen, lebih dari 170 tabung oksigen,. (Foto : Kedutaan Besar Australia).
Iklan terakota

Terakota.idPemerintah Australia mengirimkan 500 ribu dosis vaksin COVID-19 untuk pemerintah Indonesia. Bagian penting dari paket dukungan kesehatan Australia untuk Indonesia, yang diumumkan pada Juli. Sebelumnya telah dikirim 1.000 ventilator, 700 oksigen konsentrator dan 20 ribu rapid test antigen.

“Sebagai bagian komitmen dan kemitraan dengan tetangga dekat dan rekan strategis kami dalam menanggapi pandemi COVID-19,” tulis Duta Besar Australia untuk Indonesia  Penny Williams PSM dalam siaran pers yang diterima Terakota.id, Sabtu 4 September 2021.

Ini merupakan bagian dari komitmen Australia berbagi 2,5 juta dosis AstraZeneca dengan Indonesia pada 2021. Sebagai bagian dari komitmen total berbagi 20 juta dosis untuk kawasan Asia Pasifik  hingga pertengahan 2022.

Selain itu, Australia mengalokasikan A$101,9 juta untuk mendukung Indonesia melalui inisiatif akses dan keamanan kesehatan regional senilai A$523 juta. Termasuk pendanaan untuk pengadaan vaksin melalui UNICEF dan dukungan pengiriman melalui Bank Dunia, UNICEF dan WHO, dan Kemitraan Keamanan Kesehatan Australia Indonesia.

Australia berkontribusi sebesar A$130 juta untuk COVAX Advance Market Commitment (AMC). Juga mendukung kebutuhan vaksin Indonesia dan negara lain yang memenuhi syarat. Sejak Maret tahun ini, COVAX AMC memberikan lebih dari 19 juta dosis untuk Indonesia.

Selain itu, Indonesia Australia juga menyalurkan untuk kemitraan vaksin Quad bersama Amerika Serikat, Jepang, dan India sebesar A$100 juta. Australia bekerja erat dengan Indonesia dan mitra lainnya di seluruh kawasan. Tujuannya untuk meningkatkan akses yang adil terhadap vaksin COVID-19. Serta membantu menyelamatkan nyawa dan mendukung pemulihan ekonomi kita bersama dari pandemi.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini