Iklan terakota

Terakota.id-Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk wilayah Asia Timur dan Pasifik, Daniel J. Kritenbrink memilih Jakarta sebagai kunjungan pertama di Asia Tenggara. Alasannya, Indonesia memiliki peran penting dalam kepemimpinan di kawasan Asia Tenggara.

“Indonesia adalah mitra strategis Amerika Serikat dan ada banyak kepentingan yang kita kembangkan bersama,” kata Kritenbrink dalam video podcast “CurioUS” Sabtu, 15 Januari 2022. Keterangan lengkap bisa disaksikan melalui kanal YouTube Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

CurioUS merupakan serial video podcast dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya. Menyajikan perbincangan secara jujur dan terbuka tentang kehidupan para diplomat Amerika Serikat. Anda juga bisa menyaksikan podcast CurioUS episode-episode sebelumnya melalui tautan berikut.

Kritenbrink menyoroti berbagai bidang kerja sama antara Amerika Serikat dan Indonesia. Meiputi perubahan iklim, keamanan, dan sumbangan 25 juta dosis vaksin COVID-19 untuk Indonesia. “Kami ingin memajukan kepentingan bersama terutama dalam perdamaian dan kemakmuran,” katanya.

Selain itu, juga terus mempertahankan nilai-nilai penting yang dijunjung bersama. Selain membahas kemitraan diplomatik Amerika Serikat-Indonesia, Kritenbrink juga bercerita mengenai sisi pribadinya. Seperti mengetahui alasan mengapa ia menjadi diplomat.

“Juga berbicara tentang college football, teater musikal, dan bagaimana dia merekam video Rap yang viral,” kata Kepala Humas Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Angie Mizeur. Ia yakin penonton bakal terkejut dengan lagu karaoke favoritnya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan hadiah jika mengajukan pertanyaan di kolom komentar.

Daniel J. Kritenbrink menjadi Asisten Menteri Luar Negeri untuk Wilayah Asia Timur dan Pasifik pada 24 September 2021. Setelah menjadi diplomat Amerika Serikat sejak 1994 dan seorang anggota Senior Foreign Serviceclass of Career Minister.

Kritenbrink sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Vietnam (2017-2021), Direktur Senior untuk Wilayah Asia di Dewan Keamanan Nasional (2015-2017), dan Wakil Duta Besar di Kedutaan Besar A.S. di Beijing (2013- 2015).

Sebelumnya juga pernah bertugas di Beijing, Tokyo, Sapporo, dan Kuwait. Menjadi Direktur Kantor Urusan Cina dan Mongolia di Departemen Luar Negeri, serta menjadi Asisten Staf untuk Asisten Menteri Luar Negeri untuk Wilayah Near East. Kritenbrink berasal dari Nebraska, dan mendapatkan gelar sarjana di University of Nebraska-Kearney. Serta gelar master di University of Virginia.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini