Album Miberdhewen, Menandai Kiprah Toto Tewel 45 Tahun di Dunia Musik

Terakota.id—Genap 45 tahun, gitaris legendaris  Emmanuel Herry Hertoto alias Toto Tewel berkarya di dunia musik tanah air. Menandai kiprah 45 tahun, Toto meluncurkan album solo perdana berjudul Miberdhewen diproduksi Pelampung Records 19 April 2018 di Wapres, Bulungan, Jakarta Selatan.

Miberdhewen diambil dari bahasa Jawa artinya terbang sendiri. Album terdiri dari tujuh lagu berformat instrumentalia ini digubah seorang diri. “Semua saya garap sendiri. Mulai drum, gitar, bass dan aransemen dikerjakan sendiri,” kata Toto dalam siaran pers yang diterima Terakota.id.

Toto dinobatkan sebagai the best guitarist Festival Rock Indonesia Log Zhelebour (1984, 1985 dan 1986).  melainkan juga sebagai seorang penggubah lagu yang hebat. Lagu instrumental tidak sekadar menampilkan kecepatan, nada-nada melengking, ala lead gitar rock, melainkan juga ada harmoni di antara instrumen musik. Kemolekan khas musik etnik Nusantara dan musik klasik.

Ketujuh lagu digarap sejak 2006 sampai 2007. Proses mastering ulang dilakukan empat bulan lalu, setelah Toto tidak lagi menjadi pengisi gitar Iwan Fals. Seluruh lagu terilhami dari kisah perjalanan kehidupan dan kariernya dalam blantika musik Indonesia.

Pria kelahiran Malang, 1 Januari 1958 ini memang malang melintang di dunia musik. Mengawali karier sebagai bassis di sebuah grup musik gereja saat sekolah dasar. Kemudian berlabuh menjadi gitaris ELPAMAS (Elektrik Payung Mas) sejak 1983 sampai sekarang. Pernah juga menjadi gitaris Swami, Kantata Samsara, Dalbo, yang digawangi sejumlah musisi seperti Iwan Fals dan Sawung Djabo.

Toto menuturkan album ini tidak akan terwujud tanpa dukungan kawan-kawannya di dunia musik dan teman kesehatian. Ia berharap album ini mewarnai musik Indonesia dan menggugah musisi muda tidak takut berkarya.

Baca juga :  Dialog Dedes pada Arok

“Generasi saat ini lebih mudah dapat akses. Lebih mudah belajar. Harusnya lebih mampu memperjuangkan musik Indonesia. Ayo bermusik dengan serius!,” kata Toto.

Apresiasi atas kiprah di belantika musik Indoensia selama 45 tahun, digelar pertunjukan musik bareng Totol Tewel. Bareng musisi kenamaan seperti Anto Baret, Nova Ruth, Yudi Judaz, dan Yoyok Fals. Sekaligus peluncuran album Miberdhewen bagi publik Malang di Museum Musik Indonesia Jalan Nusakambangan 19 ( Gedung Kesenian Gajayana ) Kota Malang. Pada Kamis, 10 Mei 2018 Pukul 20.00 WIB.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini