AJW 2021 :  Ini Nominator Lima Media Warga Terbaik

Terakota.idAnugerah Jurnalisme Warga (AJW) 2021 menetapkan lima media warga sebagai finalis kategori media warga. Lima media terpilih antara lain Kediripedia (Kediri, Jawa Timur); Penjaringan5 (Surabaya, Jawa Timur); Radio PPK FM Sragi (Pekalongan, Jawa Tengah); Rumah Literasi Indonesia (Banyuwangi, Jawa Timur); dan Speaker Kampung (Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat).

Keputusan finalis lima media mempertimbangkan penilaian dewan juri. Terdiri atas Irma Hidayana (Co-lead LaporCovid19), Ika Ningtyas (Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen), dan Ferdhi F. Putra (Combine Resource Institution). Penilaian terdiri atas orisinalitas, relevansi dengan tema, serta bagaimana media berinteraksi dan berdampak terhadap warga sekitar.

“Kelima finalis itu menunjukkan bahwa sebagai media warga, mereka tetap mampu menyajikan informasi tentang COVID-19 secara akurat dan mendidik,” kata Ferdhi dalam siaran pers yang diterima Terakota.id.

Karya mereka orisinal, katanya, tak menduplikasi apa yang sedang ramai dibincangkan di media massa atau media sosial. Terpenting, apa yang diinformasikan relevan dengan kebutuhan warga di sekitarnya dan memberi dampak.

AJW 2021 bertema Bercovid-covid Dahulu, Bangkit Bersama Kemudian. Tema mengacu kemampuan warga atau komunitas untuk bangkit kembali (resiliens) setelah selama lebih dari satu tahun hidup di tengah pandemi.

Ketua Panitia AJW 2021 Iin Valentine menjelaskan tema diangkat sebagai upaya mengabarkan daya lenting warga yang juga dikabarkan melalui media-media warga. “Inilah saatnya kita mengabarkan bahwa kita semua bisa bangkit dari situasi serba sulit,” ujar Iin.

Panitia AJW 2021 menerjemahkan upaya mengabarkan daya lenting itu dalam beragam kegiatan sebagai rangkaian dari JW 2021. Pertama, berbentuk beasiswa liputan untuk para pewarta warga agar mampu membuat liputan mendalam sesuai tema. Kedua, penghargaan terhadap media warga yang memberitakan tentang tema sama.

Panitia AJW 2021 membuka nominasi kepada publik dan warga bisa mengusulkan media warga. Panitia juga mencari media warga yang selama ini memperlihatkan perannya di komunitas masing-masing. Hasilnya ada 18 media warga menjadi nominasi yang berasal dari berbagai daerah termasuk Aceh, Jawa, Bali, dan Lombok. Tiga juri memberi nilai untuk mendapatkan lima finalis di atas.

Tahap selanjutnya, akan dipilih dua media terbaik untuk mendapatkan penghargaan sebagai Penerima AJW 2021 Kategori Media Warga. Proses pemilihan akan dilakukan melalui voting terbuka untuk publik dan pemilihan oleh juri. Untuk mendukung media, publik bisa langsung memilihnya sendiri di platfor daring s.id/PilihMediaWargaAJW2021 atau klik link di akun IG @BaleBengong. Pemilihan terbuka ini akan berlangsung pada 17 Mei 2021 hingga 7 Juni 2021.

Berikut adalah profil singkat media tersebut. KediriPedia berbasis di Kediri, Jatim. Memadukan jurnalisme, film, sejarah, dan sastra. Penjaringan 5 lahir dari rukun tetangga yang membutuhkan informasi akurat dan pengembangan ekonomi warga.

Sedangkan Radio PPK FM Sragi di Pekalongan ini terkenal sebagai radio komunitas yang merespon masalah warga, misalnya sekolah melalui siaran radio di tengan pandemi ini. Rumah Literasi Indonesia, berbasis di Banyuwangi dan memadukan kapasitas lintas disipilin warganya untuk bergerak dan mencari solusi. Speaker Kampung terus berkembang di Lombok Timur karena kepercayaan warga yang membutuhkan informasi kredibel sekitar desa.

Beasiswa Bangkit Bersama

AJW tahun ini memberikan beasiswa liputan mendalam pada warga. Setelah menyeleksi 26 usulan dari hampir 50 orang, panitia AJW 2021 memutuskan lima usulan sebagai calon penerima beasiswa.

Panitia mempertimbangkan kriteria penilaian pada kesesuaian topik, contoh karya, dan fokus usulan peseta dari berbagai wilayah dan topik tersebut.

Salah satu inisiatif warga saat pandemi membuat kebun kolektif dan memilah sampah, misalnya di sebuah gang Sari Dewi, Denpasar . Salah satu liputan beasiswa AJW 2021. (Foto : dok Balebengong).

Usulan yang masuk ke panitia sangat beragam, tetapi hampir semuanya relevan dengan tema AJW 2021 yaitu Bercovid-covid Dahulu Bangkit Bersama Kemudian. Topik ini tentang daya lenting warga menghadapi pandemi COVID-19. Mengenai pengelolaan sampah, strategi musisi, sistem pertanian, alih profesi pekerja pariwisata, hingga toleransi agama, dan perlindungan hak asasi manusia di tengah pandemi COVID-19.

Tak hanya dari Bali, terdapat pula usulan dari luar Bali. Misalnya tentang seniman Banyuwangi, Jawa Timur yang bertahan di tengah pandemi. Semua usulan sangat menggugah. Pengirim usulan bisa menjelaskan dengan baik bagaimana warga mampu beradaptasi menghadapi pandemi dari perspektif warga. Para penerima penghargaan AJW termasuk media warga akan diumumkan pada malam apresiasi AJW 2021, 26 Juni 2021 nanti.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini