Air Kejujuran dan Air Kata-kata dari Romo Sindhunata

air-kejujuran-dan-air-kata-kata-dari-romo-sindhunata

Terakota.id–Gabriel Possenti Sindhunata, Romo Jesuit, laki-laki asli kampung Hendrix, Kota Batu. Lahir 67 tahun lampau tengah merindu kota asal. Kerinduan memanggilnya untuk pulang kampung. Bernostalgia dan bercengkrama.

Shindunata pulang kampung membawa dua buah buku hasil bermeditasi di tanah rantau. Menghadiahkan buku Air Kejujuran dan Air Kata-kata bagi sanak-saudara dan keluarga besar di Kota Batu.

Sindhunata memilih diksi “air” sebagai refleksi memori masa kanak-kanak di Kota Batu. Batu adalah “The heaven of water” atau surga mata air, atau “house of water” alias rumah mata air. Di Batu air menyumber dari berbagai titik. Air adalah  puisi dan prosa di Kota Batu.

Romo Sindhu, terlempar memorinya pada masa lampau. Saat bermain air di gemericik sungai yang bening, saat bertelanjang dada mandi dengan rintik gerimis di sore yang syahdu. Atau saat berbasah-kuyup berenang di sumber mata air. Dalam diri Romo Sindhu, air menjadi puisi, bukan sembarang puisi tetapi puisi yang berujar tentang kata-kata kejujuran.

Kedua buku diluncurkan tiga hari setelah misa Natal, Sabtu 28 Desember 2019. Rangkaian acara dimulai sejak pagi dengan beragam kegiatan kelas menulis untuk anak-anak dan kelas menulis untuk orang dewasa. Kegiatan dilangsungkan di Perpustakaan Kota Batu, Gedung Among Tani lantai 3, Jalan Panglima Sudirman Nomor 507 Kota Batu.

Pada malam hari puncak peluncuran buku Air Kata-kata dan Air Kejujuran di Pendopo Rumah Dinas Walikota Batu. Peluncuran buku dikemas dengan merayakan pembacaan puisi karya Romo Sindhunata. Dibaca oleh warga Batu, mulai Wali Kota Batu sampai bakul angsle, dari sastrawan terkemuka sampai jelata.

Peluncuran buku merupakan perayaan rindu Sindhunata pada kampung halaman. Juga rindu  “Wong mBatu” pada Romo Sindhu. Rindu yang mewujud menjadi puisi.

Agenda Acara

  1. Kelas menulis kreatif untuk anak.

Hari/tanggal : Sabtu/,28 Desember 2019

Waktu : 08.00 – 12.00

Tempat : Perpustakaan umum Kota Batu (Gedung Among Tani lantai 3)  Jl. Panglima Sudirman no 507 Kota Batu.

  1. Sinau ilmu kepenulisan bersama Sindhunata dan Bilik Literasi Solo.

Hari/tanggal : Sabtu/28 Desember 2019

Waktu : 13.00 – 16.00

Tempat : Perpustakaan umum Kota Batu (Gedung Among Tani lantai 3)  Jl. Panglima Sudirman no 507, kota Batu

  1. Kenduri Puisi dan Launching Buku Air Kata-kata dan Air Kejujuran

Hari/tanggal : Sabtu/28 Desember 2019

Waktu : 19.00 – selesai

Tempat : Pendopo Rumah Dinas Walikota Batu. Jl. Panglima Sudirman no 98 Kota Batu

Narahubung :

Herman Aga +62 813-3496-8657

Haris El Mahdi 081357034349

Ernaz Siswanto +62 819-3185-2790

Dewanti Rumpoko, Eko Windarto, Achmad Berlin Rifai, Ahmad Jazuli, Nurbani Yusuf, Francis Hera, Anwar MBatu, M Hasan Abdillah, Rachmad K Dwi Susilo, Rakhmad Hardiyanto, Yoannes Paulus Agung Kresdianto, Kristanto Budiprabowo, Yuska Harimurti, Binhad Nurrohmat, AS Laksana, , R.t. Soedarno Hadipuro, Raymond Valiant, Ninikt Mariya,

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini