Menghadirkan Mini Gallery dan Art Space Pelukis Malang di Hungaria

Oleh : Maharani*

Terakota.id—Berkunjung ke Budapest, Hungaria pada akhir April 2018,  saya menemukan sebuah distrik dan melihat peluang. Sebuah rumah memiliki dua ruangan seluas 30 meter persegi yang dapat dijadikan sebuah sebuah mini art gallery atau art space untuk puluhan lukisan karya yang saya bawa dari Malang.

Selama sepekan, ruangan disulap menjadi art space idaman. Sebelum galeri terwujud, saya berkenalan dengan komunitas seniman yang tergabung dalam FMM. Sebuah perkumpulan perupa yang mayoritas pelukis lokal. Beberapa pelukis di Hungaryia bersedia menggelar pameran bersama, sehingga semakin memotivasi saya untuk segera membuat galeri kecil untuk menampung dan memajang lukisan.

Saya mengunjungi beberapa museum lukisan termasuk National Gallery di Castle distric yang paling besar dan Art of Hall Museum (Mu Csarnok) yang terletak di Heroes Square.  Selain itu saya berkenalan dengan kurator dan direktur museum-museum di Budapest dan di kota Pecs. Mereka siap membantu mengadakan pameran dan berkolaborasi dengan para pelukis lokal.

Melihat gelait perupa di Hungaria, saya  berpikir untuk menampilkan nuansa yang berbeda. Waktu yang tepat untuk bergerak menampilkan lukisan asal Timur. Sebagai langkah awal saya memperkenalkan lukisan-lukisan bertema tari topeng kota Malang Jawa Timur tersebut kepada masyarakat Hungaria di Budapest.

Mendirikan galeri merupakan salah satu cara dan tempat untuk mendukung rencana itu.  Langkah awal saya memasuki pasar Eropa Timur melalui Hungaria sebagai pintu gerbang. Jika dikembangkan dan terwujud tak hanya lukisan karya pribadi saya, tetapi karya pelukis-pelukis dari Malang dan Jawa Timur.

Karya para perupa asal Malang dan Jawa Timur dipamerkan dan dibantu memasuki art market di kawasan ini.  Budapest merupakan titik tolak para pelukis Malang, sebagai tempat karya seluruh perupa dari Indonesia maupun Hungaria melalui kuratorial yang berlaku.

Rencananya digelar pameran rutin dan bergilir sehingga terbentuk pasar untuk menunjang produktifitas perupa. Selain itu bisa dijual ke kawasan Eropa Timur dan Balkan Barat yang luas, terdiri dari puluhan negara.

Hadirnya galeri ini menjadi semangat untuk memperkenalkan semua cabang kesenian yaitu karya seni lukisan, tari, musik dan lainnya dari Malang. Sekaligus menjadi jembatan  mengikuti event seni dan budaya  sepanjang tahun di Eropa Timur dan Barat melalui Budapest.

Budapest, Juni 2018

*Pelukis dan traveler

Pembaca Terakota.id bisa mengirim tulisan reportase, artikel, foto atau video tentang seni, budaya, sejarah dan perjalanan ke email : redaksi@terakota.id. Tulisan yang menarik akan diterbitkan di kanal terasiana.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini